Cara Menginstall OpenCart di Domain dan Hosting Pribadi

cara menginstal opencart di localhost . mengapa harus diletakkan dilocalhost? Karena akan memudahkan kita saja dalam mengelolanya sebelum di onlinekan.
Sebelumnya saya pernah membahas apa itu opencart, kalau belum tahu silahkan dibaca artikel saya sebelumnya disini. Ok semua sudah saya asumsikan kawan ManiCMS sudah menginstal xampp di Komputer masing – masing, disini saya menggunakan xampp versi terbaru yaitu win32-1.7.7 , tutorial cara menginstal xampp pada computer bisa di klik disini. Dan juga telah mendowload file opencart di website resminya disini, saya menggunakan versi terbarunya yaitu opencart V.1.5.1.3 Selengkapnya silahkan ikuti step by step dibawah ini :
  • Pastikan file Opencart sudah di exstrak, lalu copy / cut filenya di D:xampp/htdocs (tergantung kawan menyimpan instalan xampp , bila di C ya cari di C) . dan jangan lupa rename folder tersebut, biasanya nama folder file setelah diexstrak adalah  upload, nah kita rename menjadi opencart, fungsinya untuk memudahkan saja saat pengelolaannya.
  • Lalu Buat sebuah database, caranya buka browser kamu dan ketik urlnya seperti ini localhost/phpmyadmin setelah itu kawan akan menemui tampilan dari phpmyadmin. pilih basis data dan silahkan buat databasenya. (saya beri nama databasenya opencart).
    Tampilan Membuat Database
  • Setelah kawan selesai membuat database, sekarang saatnya instalasi opencart dimulai, dengan mengarahkan urlnya seperti ini www.localhost/opencart (nama folder di htdocs adalah opencart, jika anda telah mengubah namanya tinggal menyesuaikan saja). nantinya akan tampil seperti gambar dibawah ini.
centang i agree terus continue
Continue saja
  • Disini kawan - kawan masuk pada direktori database connection, yang intinya kita mengkoneksikan opencart dengan database yang telah kita buat tadi, pertama isi hostnamenya "localhost" , username "root" (root default dari xampp), jika dalam koneksi database phpmyadmin anda beri password maka isi pasword tersebut. jika tidak menggunakan bisa di kosongkan, databasename "opencart" (sesuai yang kita buat tadi). Lalu isi username yang akan kawan gunakan saat login di opencart nanti, terus password dan mengisi email. setelah semua selesai bisa di continue.
form database conections
  • Terakhir jika kawan ManiaCMS berhasil distep database connection, maka tampilan selanjutnya adalah seperti dibawah ini. Dari sini kita hapus file instalnya. Masuk di D:Xampp/htdocs/opencart lalu hapus folder install. Buka browser lagi ketik localhost/opencart untuk melihat tampilan websitenya dan buka localhost/opencart/admin untuk masuk ke menu administratornya. Masuk dengan username dan password yang telah kawan buat tadi. Dan tampilanya seperti dibawah ini.
Step Finish
Tampilan Opencart
Tampilan Administrator
Sekian pembahasan mengenai cara menginstal opencart di localhost dan sampai ketemu dipokok bahasan yang lain. Bila ada pertanyaan bias tinggalkan komentar dibawah ini. Terimakasih dan good luck ..

4 komentar:

Unknown mengatakan...

Thx mas bermanfaat infonya, sya sudah punya xampp..
dan yg saya mau tanya bagaimana cara memasang openchart ke blogspot?? apakah bisa?

Unknown mengatakan...

kalau untuk memasang ke blogspot saya belum coba, tapi umumnya orang pakai hosting gratisan untuk opencartnya,

seperti 000webhost.com,idhostinger.com,

adapun penjelasan lain yg di perlukan, bisa di coment lagi

aditya mengatakan...

cara ekspor ke hosting nya gimana gan.?

PELANGSING FRUIT PLANT HERBAL mengatakan...

permisi, cara upload via filezila gimana?m trims

Posting Komentar